Subscribe Us

header ads

Khatmil Quran Virtual Memasuki Putaran ke-4

Pembacaan doa khatmil quran putaran ke-3 di masjid Darussalam ini dipimpin oleh Nur Kholik, salah satu imam masjid ini.


[Pacarpeluk, NUP] – Masjid Darussalam dusun Pacar menjadi tempat diselenggarakannya Majelis Virtual putaran ke-3 (Kamis malam, 25/6/2020). Acara ini diawali dengan pembacaan juz 30 yang dimulai surah adh-Dhuha hingga an-Naas. Pembacaannya dipimpin oleh Cholifah Masrur. Ia adalah hafidhoh yang ditugasi Pemkab Jombang untuk mendampingi kegiatan khatmil quran di Pacarpeluk.
Setelah pembacaan surah-surah pendek itu selesai, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa khatmil quran yang dipimpin oleh Nur Kholiq. Ia adalah salah satu kader penggerak NU Pacarpeluk yang menjadi salah satu imam masjid Darussaalam.
Pembacaan shalawat nabi menjadi acara pamungkas Majelis Virtual itu. Sejak awal hingga akhir, acara ini dipandu oleh kader-kader IPNU dan IPPNU Pacarpeluk baik yang bertugas sebagai vokalis maupun penabuh rebana.
Khatmil Quran Virtual yang diselenggarakan oleh warga Pacarpeluk kini telah memasuki putaran ke-4.  “Respon masyarakat luar biasa. Hanya beberapa menit setelah daftar pembagian juz diumumkan, langsung telah terpenuhi satu kelompok 30 juz.”, kata Laila Fitriana yang anggota group Khatmil Quran Virtual ini sebagaimana ditulis dalam status WhatsAapnya.
Warga Pacarpeluk dengan sukarela bergabung dalam grup Khatmil Quran Virtual. Tiap anggota grup ini menganbil bagian 1 juz. Durasinya seminggu, sehingga dapat dikerjakan secara ringan dan santai di tempat masing-masing.
Baru pada kamis malam (malam Jumat) seremonial khatmil quran ini diselenggarakan di masjid-masjid tiap dusun secara bergantian. Acaranya dikemas dalam bentuk majelis virtual yang disiarkan secara langsung melalui media sosial. Anggota grup ini tidak perlu hadir langsung di tempat acara, karena bisa mengikutinya melalui smart phone masing-masing.
Kemasan acara Ini merupakan kompromi atas himbauan Pemkab Jombang agar masyarakat mengadakan khatmil quran tiap malam Jumat dalam suasana pandemi Covid-19. Jamaah yang hadir di majelis ini pun mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus yang telah meresahkan kehidupan masyarakat dunia ini. {abc}        

Post a Comment

0 Comments