Subscribe Us

header ads

Mujahadah dan Riyadhah: Warga Pacarpeluk Gelar Khataman Quran Virtual

Daftar Peserta Khatmil Quran Warga Pacarpeluk yang terhubung secara virtual melalui group WA Messengger. 


[Pacarpeluk, NUP] – Warga Pacarpeluk tidak mau terus terpuruk dalam suasana pasif akibat berdiam diri di rumah sebagai kewaspadaan terhadap Covid-19. Oleh karena itu ajakan Bu Nyai Mundjidah Wahab, dalam kapasitas sebagai ketua PC Muslimat NU Jombang, agar tiap warga memperbanyak menyelenggarakan khataman al-Quran atau membaca 1000 surat al-Ikhlas dari rumah masing-masing disambut dengan suka cita.
Menindaklanjuti ajakan tersebut, PR Muslimat NU Pacarpeluk bersama PRNU Pacarpeluk memilih menggelar majelis Khataman al-Quran secara virtual. Warga desa ini pun diajak ambil bagian dalam kegiatan ini. Melalui sambungan group WA Messengger, mereka pun dengan antusias mendaftar diri menjadi bagian dari kegiatan mulia ini.
Bacaan 30 juz Al-Quran itu dibagi habis sejumlah minimal 30 warga. Masing-masing membaca 1 juz di tempat masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Jika mereka telah selesai mengkhatamkan bacaan juz yang menjadi bagiannya, mereka kemudian melaporkannya kepada admin.
Secara seremonial virtual kegiatan khataman al-Quran itu dituntaskan pada tiap Kamis malam Jumat. Seremonial itu akan ditandai dengan pembacaan doa khatmil quran yang akan disiarkan secara virtual melalui media sosial NU Pacarpeluk.
“Insyallah kami akan menggelar majelis virtual. Setelah pembacaan doa khatmil quran, anak-anak IPNU-IPPNU Pacarpeluk akan melanjutkannya dengan pembacaan shalawat Nabi.”, jelas Nine Adien Maulana. Ketua PRNU Pacarpeluk itu juga mengabarkan bahwa majelis perdana kegiatan itu akan diselenggarakan pada Kamis malam Jumat, 11/6/2020.
"Bisa jadi dimulai di Masjid Al-Mukmin Tegalrejo atau di Masjid Baitul Muslimin Peluk. Silakan ikuti kegiatan ini melalui media sosial kami.", jelasnya.
Selain dimaksudkan sebagai ikhtiar rohani agar selamat dari wabah Covid-19 tercapainya hajat, warga Pacarpeluk yang mengikuti khataman al-Quran ini juga dihimbau untuk menjadikannya penerang rumah-rumah mereka. Rasululllah SAW bersabda yang artinya, "Sesungguhnya rumah yang dibaca di dalamnya Al-Qur’an, niscaya cahayanya akan jelas terlihat oleh para penduduk langit laksana bintang-bintang di langit jelas terlihat oleh penduduk bumi." (HR. Ahmad) {abc}

Baca juga!
Penuhi Ajakan Pemkab Jombang, Desa Ini Gelar Khatmil Quran Virtual

Post a Comment

0 Comments