Subscribe Us

header ads

Pembacaan Shalawat Nabi di Malam Jumat Legi

Setelah pembacaan doa Khatmil Quran, para kader IPNU dan IPPNU Pacarpeluk mengisi majelis ini dengan pembacaan shalawat Nabi.


[Pacarpeluk, NUP] – Majelis Virtual Khatmil Quran dan Shalawat Nabi putaran kedua yang diselenggarakan oleh warga Pacarpeluk di masjid Al-Mukmin dusun Tegalrejo terasa istimewa, karena malam itu bertepatan dengan malam Jumat Legi (Kamis, 18/6/2020).
Bagi mayoritas warga Pacarpeluk, Jumat Legi secara kultural dipersepsi secara khusus. Pada hari itu, mereka banyak melakukan ziarah kubur pada hari itu. Masjid dan Musholla pun juga lebih ramai daripada hari yang lain karena setelah shalat Maghrib dilanjutkan dengan dzikir tahlil untuk mendoakan ahli kubur. Tidak hanya itu, setelah tahlilan mereka kemudian melanjutkannya dengan kenduri atau kundangan.
Majelis khatmil Quran juga banyak digelar menjelang pada pada saat Jumat Legi. Alunan bacaan aya-ayat suci al-Quran pun menggema di sega penjuru desa. Inilah kekhasan Jumat Legi bagi kaum Muslim yang berbudaya Jawa. 
Pembacaan shalawat Nabi yang dilakukan oleh para kader IPNU dan IPPNU Pacarpeluk pada malam itu seolah menemukan memontumnya. Alunan sair shalawat yang diiringi dengan rebana al-banjary itu pun menghadirkan kekhasan suasana malam itu. Hal ini tentu sangat berbeda dengan hari-hari sebelumnya, apalagi di awal-awal masa pandemi suasana malam terasa sangat sepi. Malam itu pun menjadi seperti suasana pada malam-malam sebelum pandemi.
Sekitar pukul 21.30 majelis shalawat nabi ini usai. Jamaah pun menikmati hidangan yang tersedian dengan penuh canda khas anak-anak muda. {abc} 

Post a Comment

0 Comments