Subscribe Us

header ads

Warga Pacarpeluk Sukses Gelar 2 Majelis Khatmil Quran Secara Virtual

Majelis Virtual Khatmil Quran dan Shalawat Nabi warga Pacarpeluk putaran pertama diselenggarakan di Masjid Baitul Muslimin pada Kamis malam Jumat, 11 Juni 2020


[Pacarpeluk, NUP] – Putaran pertama Khatmil Quran warga Pacarpeluk yang dikemas dalam Majelis Virtual berlangsung dengan lancar. Meskipun tidak dilangsungkan dalam satu majelis fisik yang khusus, warga desa ini sangat antusias mengambil bagian dalam kegiatan Khatmil Quran. Sedemikian besar animo mereka, sehingga ada dua kelompok khatmil quran yang dilakukan secara berjamaah.
Satu juz bacaan al-Quran dibaca oleh satu warga. Bahkan, ada pula yang mengambil bagian lebih dari satu juz. Akhirnya, pada Kamis malam Jumat, 11 Juni 2020 target khatmil quran itu pun tercapai. Kelompok itu pun bisa mengkhatamkan sesuai dengan target masing-masing. Semuanya dikordinasikan tanpa pertemuan fisik, cukup melalui group WA Mesenger “Warga Pacarpeluk Manis”.
Seremonial pembacaan dzikir dan doa khatmil quran serta shalawat nabi menjadi puncak khatmil quran yang dilakukan selama lima hari melalui group WA Mesenger itu. Bertempat di Masjid Baitul Muslimin dusun Peluk, para kader IPNU-IPPNU Pacarpeluk menjadi aktor utama Majelis Virtual yang disiarkan secara langsung melalui akun facebook NU Pacarpeluk dan Instagram ipnuippnu_pacarpeluk. Mereka mengikuti dan mengamini bacaaan dzikir dan doa yang dipimpin oleh ketua PRNU Pacarpeluk.
Majelis Virtual ini kemudian dipungkasi dengan pembacaan shalawat nabi yang diiringi dengan pukulan ritmis rebana al-banjary. Selama kegiatan berlangsung para kader muda NU Pacarpeluk ini menjaga disiplin protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Mereka memakai masker dan duduk berjarak satu dengan yang lain. 
Malam itu, suasana terasa seperti suasana sebelum pandemi Covid-19. Sangat khas kultur masyarakat Pacarpeluk. Yang membedakan hanyalah adanya masker dan jarak duduk jamaah dalam majelis itu serta bergegas pulang setelah acara usai. {abc}  

Baca juga!
Penuhi Ajakan Pemkab Jombang, Desa Ini Gelar Khatmil Quran Virtual
Mujahadah dan Riyadhah: Warga Pacarpeluk Gelar Khataman Quran Virtual

Post a Comment

0 Comments