Subscribe Us

header ads

Mahasiswa Ini Lakukan Aksi Pengabdian Masyarakat di Pacarpeluk

Mahasiswa IAIN Kediri ini menjadi relawan UPZISNU Pacarpeluk yang menyapa warga dari rumah ke rumah sambil mengambel infaq kaleng koin mereka. 


[Pacarpeluk,NUP] Dua mahasiswa IAIN Kediri melakukan tugas pengabdian masyarakat di Pacarpeluk. Mereka adalah Nanda yang merupakan warga asli Pacarpeluk dan Alam yang berasal dari Sumberagung. Tugas utama yang mereka emban adalah menganalisis dampak pandemi Covid-19 bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), kemudian menuangkannya dalam bentuk konten ekonomi kreatif berbasis media sosial.
Mereka pun berkordinasi dengan Nine Adien Maulana di Rumah Pergerakan NUP (Kamis, 23/7/2020). “Kami menilai NU Pacarpeluk memberi perhatian lebih kepada UMKM, maka kami ingin menggali informasi dari Bapak lebih dulu sebelum melakukan aksi.”, kata Nanda kepada ketua PRNU Pacarpeluk itu.
Sebagaimana diketahui, melalui KSU KUBe NUP PACARPELUK, PRNU Pacarpeluk memang telah merintis program-program sociopreneur baik pada sektor pertanian, peternakan dan Industri Kecil Menengah. Ini adalah koperasi serba usaha yang dijadikan kendaraan resmi untuk menggerakkan usaha ekonomi produktif.
“Melalui koperasi ini, kami ingin mengupayakan relasi saling menghidupi jamaah dan jam’iyyah.”, ucap Nine.
Agar analisisnya semakin tajam, Nanda dan Alam ini juga melakukan observasi langsung ke rumah-rumah warga. Mereka pun dengan sukarela menjadi relawan yang mengambil kaleng infak sedekah yang dikelola oleh UPZISNU Pacarpeluk di dusun Peluk.
Dua mahasiswa ini telah mulai bergerak dari rumah ke rumah warga dusun Peluk. Sambil mengambil isi kaleng infak sedekah, mereka merekam dan mendokumentasikan aktivitasnya. Hal ini menjadi data yang akan mereka olah untuk dituangkan dalam karya kreatif mereka sesuai dengan tugas akademik dari kampusnya. [abc]  

Post a Comment

0 Comments