Subscribe Us

header ads

Malam Shalawat di Rumah Pergerakan NUP

Semua jamaah pun berdiri sambil bershalawat Ya Nabi Salam 'Alaika Ya Rasul Salaam 'Alaika dengan iringan rebana al-Banjary.


[Pacarpeluk, NUP] – Majelis Virtual putaran ke-4 yang diisi dengan pembacaan dzikir doa Khatmil Quran dan Shalawat Nabi diselenggarakan di Rumah Pergerakan NUP (Kamis malam, 2/7/2020). Sedianya acara ini diselenggarakan di masjid Baiturrahman dusun Soko. Karena ketua PRNU Pacarpeluk memiliki hajat untuk tabarrukan khatmil quran dan shalawat, acara itu pun diminta diselenggarakan di rumahnya yang sekaligus menjadi sekretariat PRNU Pacarpeluk itu.
Enam puluhan kader-kader muda NU Pacarpeluk yang tergabung dalam IPNU, IPPNU, GP ANSOR dan PSNU Pacar Nusa desa ini hadir dalam acara yang bertajuk Malam Shalawat itu. Mereka ditempatkan dalam dua ruang yang berbeda sesuai dengan jenis kelaminnya. Kader putra ditempat di ruang depan, sedangkan kader putri di ruang tengah.
Meskipun terpisah namun mereka bisa interaktif. Secara bergantian dan sekaligus bersamaan bisa dalam mendendangkan sair-sair shalawat dengan iringan rebana al-Banjary.
Dimulai pukul 20.00 alunan shalawat Nabi terus dikumandangkan. Pukulan rebana bertalu-talu mengiringi alunan sair-sair shalawat. Semakin malam suasana di Rumah Pergerakan NUP itu pun semakin semarak. Lebih-lebih saat pembacaan shalawat Mahalul Qiyam, semua jamaah berdiri dengan khuyuk sambil mengikuti bacaan shalawat yang dipandu pada vokalis utama baik putra maupun putri yang bergantian.
Meskipun memakai masker yang menutup mulut dan hidung, namun tampak bibir-bibir jamaah terus bergerak-gerak membunyikan “Marhaban Ya Nural Aini, Marhaban Jaddal Husaini”. Bacaan itu pun menggema di segala sudut rumah itu. Tangan-tangan jamaah itu pun menengadah seraya berdoa khusyu', "Rabbii faghrif lii dzunuubi yaa Allaah bi barkatil haadi Muhammad yaa Allah". 
Tanpa terasa malam pun semakin larut. Sekitar pukul 22.30 seluruh rangkaian acara Malam Shalawat ini pun selesai, setelah dipungkasi dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh ketua PRNU Pacarpeluk.
Setelah ramah tama, jamaah pun beranjak pulang. Mereka pun mempersiapkan diri untuk mengisi acara selanjutnya pada pekan depan di masjid Baiturohman dusun Soko. {abc}    

Jamaah putri ditempatkan di ruang tengah Rumah Pergerakan NUP. 


Post a Comment

0 Comments