Subscribe Us

header ads

Syukur Kemerdekaan ke-75 ala KB NUP

Upacara Virtual yang akan diselenggarakan ini adalah salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan KB NUP dalam memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Bangsa Indonesia.



[Pacarpeluk, NUP] – Sebagai ungkapan syukur Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-75, Keluarga Besa NU Pacarpeluk (KB NUP) menyelenggarakan beberapa kegiatan simpatik, yaitu: 1. Peduli Edukasi di Masa Pandemi (IPNU Educare), 2.Khatmil Quran Virtual dan 3. Upacara Virtual Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan.
Kegiatan pertama telah secara resmi dilaunching di Balai Desa Pacarpeluk (Jumat,14/8/2020). Isi kegiatannya adalah penyediaan jaringan internet bagi siswa warga Pacarpeluk yang kesulitan mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh dari sekolah masing-masing. Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, para peserta kegiatan ini akan didampingi oleh fasilitator belajar yang berasal dari kader-kader terbaik IPNU dan IPPNU Pacarpeluk. Kegiatan ini akan terus berlangsung hingga sekolah kembali dibuka untuk pembelajaran langsung.
Kegiatan kedua bersifat ritual. PRNU Pacarpeluk mengajak semua warga desa ini untuk ambil bagian dalam kegiatan Khatmil Quran Virtual. Dengan memanfaatkan grup WA, warga ambil bagian juz untuk bersama-sama melakukan tilawah di tempat masing-masing. Target kegiatan ini adalah terselenggaranya majelis khatmil quran sebanyak-banyaknya yang akan diakhiri pada malam tirakatan 16/8/2020 dan disempurnakan dengan doa khatmil quran dan syukur kemerdekaan. Hingga berita ini ditulis telah ada empat mejelis virtual yang melakukan tilawah.
Kegiatan ketiga yang akan diselenggarakan adalah Upacara Virtual Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan. Kegiatan ini akan diikuti oleh KB NUP bersama Pemdes Pacarpeluk di balai desa Pacarpeluk. KB NUP yang akan ikut upacara virtual adalah NU, Muslimat NU, Fatayat NU, GP ANSOR, IPNU, IPPNU, LAZISNU dan PSNU PAGAR NUSA, dengan jumlah maksimal 5 orang tiap unsur.
Upacara Virtual ini akan dilaksanakan dengan mengikuti pelaksanaan upacara bendera yang diselenggarakan oleh Pemkab Jombang.  Secara virtual, peserta upacara yang ada di Balai Desa Pacarpeluk akan mengikuti seluruh rangkaian acara upacara detik-detik proklamasi itu.
Direncanakan, pada bagian akhir upacara virtual itu para peserta akan diajak bersama-sama menyanyikan lagu Hari Merdeka dan Syubbanul Wathon. Berbeda dengan upacara pada umumnya, dua lagu ini akan dinyanyikan dengan iringan pukulan rimis rebana al-Banjary kader-kader IPNU Pacarpeluk. {abc}  

Post a Comment

0 Comments